Special discount 15% untuk pembelian produk 3 bulan!

Pria, Yuk Coba 5 Cara Agar Rambut Tidak Mengembang

cara agar rambut pria tidak mengembang
Freepik

Masalah rambut mengembang bukan hanya dialami oleh wanita. Pria dengan beberapa jenis rambut tertentu juga kerap kali mengalaminya, terlebih setelah keramas atau terlalu lama berada di kondisi panas serta kering. Untungnya, kondisi ini tidak permanen dan dapat diatasi dengan cepat. Lalu, bagaimana cara agar rambut tidak mengembang dan merusak penampilan yang sudah kamu rencanakan? Simak tipsnya!

Atur Frekuensi Keramas

Keramas dengan shampo memang efektif untuk membersihkan kotoran yang menempel di kulit kepala. Namun, bukan berarti kamu bisa keramas setiap hari. Bahkan rambut pria yang gampang mengembang sebenarnya bisa disebabkan oleh keramas yang terlalu sering. Bahan aktif dalam sampo akan menghilangkan minyak alami yang diproduksi oleh kulit kepala hingga membuat rambut terasa kering dan mengembang.

Salah satu cara agar rambut tidak mengembang adalah dengan mengatur frekuensi keramas. Beri jeda dua sampai tiga hari setelah keramas ke waktu keramas yang berikutnya agar minyak alami pada rambut tidak hilang. Pastikan pula untuk memilih produk sampo yang memang diformulasikan khusus untuk menjaga kesehatan rambut pria, seperti daily shampo dari Newman’s

Pakai Sisir Biasa untuk Merapikan Rambut

Kerap kali pria menyapukan jari-jarinya ke rambut untuk membuatnya lebih rapi dan tertata. Faktanya, kebiasaan ini justru memicu rambut lebih mengembang. Jari tangan bukan sisir yang baik untuk menata rambut. Jadi, cobalah untuk mengurangi kebiasaan ini. Kalau mau mengatur rambut yang mengembang, gunakan sisir yang biasa dipakai. Jangan pakai sisir dengan bulu-bulu halus (brush) karena ini juga membuat rambut semakin mengembang.

Jangan Lupakan Conditioner

Pemakaian conditioner setelah keramas dapat membantu menjaga kadar air di kulit kepala untuk mempertahankan kelembapan. Alasan utama rambut mengemban, kan, karena kulit kepala kering. Jadi, kalau kamu pakai conditioner setelah keramas, kadar air yang didapat setelahnya dapat dikunci di kulit kepala untuk membuat rambut tetap lembap.

Conditioner yang bagus untuk mempertahankan kelembapan rambut dan kulit kepala adalah yang diformulasikan khusus untuk moisturizing. Conditioner dengan formula ini bekerja efektif membuat rambut tetap halus dan tidak kusut. Agar conditioner bekerja maksimal, pakai setelah keramas saat rambut dalam kondisi setengah basah.

Atur Suhu hair dryer saat Mengeringkan Rambut

Cara untuk mengeringkan rambut dengan cepat memang dengan hair dryer. Namun, hati-hati dengan suhu yang kamu gunakan. Panas berlebih dari hair dryer akan memicu rambut mengembang setelah kering. Penampilan rambut juga akan terlihat kering dan susah diatur. Maka dari itu, jika tidak buru-buru, biarkan rambut mengering dengan sendirinya atau gunakan suhu hair dryer pada tingkat yang paling rendah.

Hindari Menggosok Rambut dengan Handuk

Pria biasanya memiliki kebiasaan menggosok rambut setelah mandi dan keramas. Tak jarang pula handuk digosokkan dengan keras atau kasar dengan tujuan supaya rambut cepat kering. Padahal, cara tersebut hanya akan membuat rambut kusut dan mengembang. Tidak menutup kemungkinan pula kalau akar rambut ikut rusak akibat gesekan yang kuat dengan handuk. 

Cara terbaik untuk mengeringkan rambutmu adalah dengan menghilangkan sisa-sisa air. Alih-alih menggosoknya dengan handuk, kamu bisa ganti dengan mengusap lembut rambut ke arah pertumbuhan (dari akar rambut ke ujung). Cara ini mungkin membuat rambut lebih lama untuk kering, tapi hasil akhirnya rambut akan lebih lembut dan mudah diatur.

Punya rambut mengembang memang membuatmu lebih lama dalam menyisir dan mengaturnya. Akan tetapi, kalau kamu rajin menerapkan cara agar rambut tidak mengembang di atas, maka akan lebih mudah untuk mendapatkan penampilan rambut yang rapi dan halus. Semoga informasi ini membantumu, ya!

Keranjangmu masih kosong

Yuk diisi dengan produk-produk andalan kamu!