Special discount 15% untuk pembelian produk 3 bulan!

Tampil Sehat & Bugar dengan Berat Badan Ideal untuk Pria

Berat Badan Ideal Pria
Photo by: Natasha Spencer from Pexels

Memiliki berat badan ideal tidak hanya menjadi mimpi para wanita, pria pun mendambakan hal yang sama. Bukan hanya wanita yang ingin tampil menarik dengan bentuk tubuh yang indah dan diimbangi berat badan yang ideal, pria pun sama. Berat badan ideal sendiri pun tidak hanya berkaitan dengan penampilan namun juga kesehatan. Lalu, bagaimana caranya untuk mengetahui berat badan ideal yang dimiliki oleh seorang pria?


Apa Itu Berat Badan Ideal?


Berat badan ideal dapat diketahui melalui perhitungan indeks massa tubuh (IMT). Dimana berat badan kamu dalam satuan kilogram dibagi dengan tinggi badanmu dalam satuan meter kuadrat. Terdapat empat kategori yang menentukan kondisi tubuhmu melalui perhitungan IMT ini, yaitu:

  • Kurus atau berat badan kurang: IMT kurang dari 18.5
  • Normal: IMT 18,5 – 22,9
  • Kelebihan berat badan (overweight): IMT 23 – 24,9
  • Obesitas: IMT di atas 25.

Jika kamu adalah pria dengan tinggi badan 175 cm dan memiliki berat badan 65 kg. Kira-kira dari perhitungan di IMT, kamu masuk kategori apa? Mari kita hitung bersama. 65 dibagi dengan 1.75 karena sudah dijadikan meter. Jangan lupa dikuadratkan. Maka hasilnya adalah 21,22. Jadi, kamu termasuk orang yang memiliki berat badan normal. Selamat!


Tips Mendapatkan Berat Badan Ideal


Jika kamu  adalah pria yang kurang beruntung karena tidak masuk dalam kategori berat badan normal, maka kamu harus berusaha sedikit lebih keras dan lebih banyak untuk mencapai berat badan ideal yang kamu dambakan. Bisa jadi kamu harus menambah sedikit atau menguranginya.


1. Memperhatikan Sumber Makanan


Paling pertama dan utama yang perlu kamu lakukan adalah dengan memperhatikan kebiasaan makanmu, baik apa yang kamu makan maupun berapa banyak yang kamu makan. Memakan makanan sehat adalah sebuah kewajiban. Jangan lupa kandungan gizi yang seimbang antara karbohidrat, protein dan mineral, serta vitamin dan lemak.

Namun, khusus untuk kebutuhan lemak kamu harus pandai membatasinya. Pilihlah sumber lemak yang sehat seperti kacang-kacangan, alpukat dan ikan. Hindari makanan yang memiliki lemak jenuh yang dapat menjadi sumber berbagai macam penyakit. Batasi konsumsi terhadap keju, susu tinggi lemak atau daging olahan seperti yang biasa kamu makan di gerai makanan cepat saji.


2. Makan dengan Porsi Proporsional


Untuk porsi makan sendiri, kamu perlu menyajikannya dengan takaran yang tepat. Tidak berlebihan dengan alasan untuk menaikkan berat badan yang malah dapat membawamu menuju obesitas. Porsi makanmu belum tentu berpengaruh pada berat badan jika makanan yang kamu makan bahkan tidak bergizi.

Oleh karena itu, saat makan kamu perlu membagi piring menjadi empat bagian. Dimana setengah bagiannya diisi untuk sayur-sayuran atau bahan makanan yang menjadi sumber vitamin dan mineral. Setengah untuk sumber protein, baik nabati maupun hewani. Serta, setengah lainnya untuk karbohidrat, baik nasi, kentang atau yang lainnya. Dilihat dari proporsi makanan di piring ini pun dapat disimpulkan bahwa kualitas dari makanan yang dimakan menjadi lebih penting dibandingkan jumlah yang dimakan.


3. Rutin Berolahraga


Tidak hanya makanan, olahraga pun akan menentukan berat badan ideal kamu. Dengan berolahraga, kamu juga dapat membantu membakar lemak yang juga menurunkan berat badan atau menambah massa otot. Olahraga dan makanan saling melengkapi dan membantu tubuhmu agar tetap bugar dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

Tidak perlu olahraga yang berat, apapun olahraganya asal dilakukan secara rutin kamu bisa mendapatkan tubuh ideal yang sehat. Cukup 15-30 menit sehari, minimal dilakukan tiga kali dalam seminggu kamu pun semakin dekat dengan berat badan ideal yang kamu impikan. Tidak harus pergi ke pusat kebugaran, jalan kaki, berlari maupun bersepeda di sekitaran rumah pun dapat membantumu untuk mewujudkan berat badan ideal.


4. Cukup Minum Air Putih


Minumlah air putih setidaknya 2-3 liter dalam satu hari. Air yang cukup dalam tubuh akan membuat kamu tetap terhidrasi dengan baik. Terhindar dari dehidrasi, kamu pun akan terhindar dari masalah lainnya seperti pada rambut. Bebas dari rambut rontok maupun kulit kepala yang mengelupas.

Namun, untuk menjaganya tetap sehat dan tebal, kamu bisa mencoba Starter Hair Kit, paket lengkap yang dapat menjaga kesehatan rambutmu. Terutama Minoxidil yang dapat membantu memperlancar peredaran darah di kepala dan rambut. Mereka pun mendapat suplai oksigen yang maksimal, begitu juga nutrisi yang mengalir ke rambut.



Jadi, itu adalah beberapa tips dan trik yang bisa kamu lakukan untuk tetap tampil sehat dan bugar dengan berat badan ideal yang telah kamu impikan. Tidak sulit, kan? Asal ada niat pasti semua mudah. Selamat mencoba!


Referensi
https://timesofindia.indiatimes.com/life-style/health-fitness/fitness/20-tips-to-get-the-perfect-body/articleshow/19674358.cms
https://www.healthline.com/health/how-much-should-i-weigh#weight-management

Keranjangmu masih kosong

Yuk diisi dengan produk-produk andalan kamu!