Special discount 15% untuk pembelian produk 3 bulan!

Ketahui Bahaya Merokok Ini Agar Anda Berhenti Merokok!

Bahaya Merokok

Bagi sebagian orang, merokok dijadikan cara untuk meredakan stres. Padahal ada bahaya kesehatan yang mengintai di balik โ€˜rasa nyamanโ€™ yang mereka rasakan setelah merokok. Merokok dapat memberikan pengaruh buruk di segala aspek kesehatan.

Para perokok pun sebenarnya menyadari bahaya ini. Namun sayangnya larangan merokok yang selama ini marak disuarakan oleh para ahli tak serta merta mampu mengubah pikiran dari para perokok untuk mulai berhenti merokok.

Berdasarkan data dari Southeast Asia Tobacco Control Alliance (SEATCA), Indonesia merupakan negara dengan jumlah perokok terbanyak di Asean, yakni 65,19 juta orang. Tentunya ini adalah angka yang sangat memprihatinkan mengingat akibat buruk merokok baru bisa dirasakan dalam jangka panjang.


Kandungan Sebatang Rokok


Nikotin menjadi zat utama yang terkandung di dalam rokok. Namun, kandungan pada rokok bukan hanya nikotin, melainkan ada lebih dari 700 zat berbahaya yang terkandung di dalam rokok dan lebih parahnya lagi semua bahan tersebut sebenarnya dipakai untuk beberapa produk yang kita gunakan sehari-hari. Sebut saja aseton yang biasa terdapat dalam cairan pembersih kuteks atau karbon monoksida yang lebih sering ditemukan pada asap knalpot mobil.

Untuk perokok pasif yang kerap terpapar asap rokok dapat terkena dampak yang lebih mengerikan sebab asap rokok mengandung 4000 zat kimia, termasuk arsenik, butan, dan sianida. Asap rokok yang terhirup oleh perokok maupun perokok pasif mengandung 43 zat yang diketahui dapat menyebabkan kanker paru. Maka dari itu, kandungan rokok tidak seharusnya masuk ke dalam tubuh kita.


Bahaya Merokok


Penyakit jantung dan kanker paru tampaknya jadi penyakit yang paling sering dikaitkan dengan bahaya merokok. Padahal bahaya merokok tak hanya sebatas itu saja karena ada begitu banyak ancaman kesehatan lainnya yang bisa dialami para perokok. Mata buta, diabetes tipe-2, impotensi, kanker usus besar, patah tulang panggul, artritis rheumatoid, bibir sumbing, infeksi gusi adalah sederet penyakit yang disebabkan oleh merokok.

Merokok juga tidak hanya merusak organ tubuh tapi juga merusak penampilan si perokok itu sendiri. Gigi yang menguning, napas yang tidak segar, penuaan dini jadi masalah awal yang akan dialami oleh para perokok. Bagi ibu hamil, merokok juga dapat membahayakan janinnya. Tak menutup kemungkinan janin mengalami gangguan kesehatan bahkan hingga lahir ke dunia.


Efek Berhenti Merokok


Ketika seseorang sudah memutuskan untuk berhenti merokok, tubuh akan memulai proses regenerative. Efek berhenti merokok bahkan bisa kamu rasakan selang beberapa menit setelah kamu berhenti merokok. 

  • 20 menit: Tekanan darah dan denyut nadi kamu akan kembali pada level normal
  • 12 jam: Kadar karbon monoksida dalam tubuh akan kembali normal
  • 2 mingguโ€“3 bulan: Batuk-batuk berkurang dan napas terasa lebih segar 
  • 1 tahun: Risiko terkena penyakit jantung menurun
  • 2โ€“5 tahun: Risiko terkena penyakit kanker mulut, tenggorokan, esofagus, dan stroke berkurang
  • 10 tahun: Risiko terkena penyakit kanker pankreas dan ginjal berkurang
  • 15 tahun: Memiliki risiko penyakit jantung koroner yang sama dengan mereka yang tidak merokok.


Solusi Agar Bisa Berhenti Merokok Selamanya


Berhenti merokok memang tak mudah. Namun, selama ada tekad yang kuat dan konsistensi dalam menjalani prosesnya, niscaya kamu bisa terbebas dari zat berbahaya tersebut. Tak ada satu pun manfaat yang bisa diambil dari rokok sebab rokok adalah racun yang justru dapat membunuh organ tubuhmu secara perlahan-lahan.

Jika memang masih kesulitan atau gagal untuk menemukan cara berhenti merokok, janganlah berputus asa. Kamu bisa memulainya dengan mengurangi jumlah batang rokok yang diisap per harinya. Buat target sampai kamu bisa benar-benar berhenti merokok sepenuhnya. Tak perlu terburu-buru karena berhenti merokok bukanlah proses yang instan. Dibutuhkan kesabaran untuk bisa melewati setiap prosesnya.

Perlu diingat bahwa niat untuk berhenti merokok itu dimunculkan atas kemauan dri sendiri, bukan kemauan siapa pun. Oleh karena itu, yuk, kumpulkan niat untuk mulai mencoba berhenti merokok.


Referensi
-https://smokefree.gov/quit-smoking/why-you-should-quit/reasons-to-quit
-https://www.lung.org/stop-smoking/i-want-to-quit/reasons-to-quit-smoking.html
-https://www.webmd.com/smoking-cessation/features/is-smoking-dragging-you-down#1


Related Products


Keranjangmu masih kosong

Yuk diisi dengan produk-produk andalan kamu!