Rambut rontok?ย Klik disiniย untuk konsultasi gratis. Special discount 15% untuk pembelian 3 bulan!

7 Tips Menjaga Berat Badan Saat WFH

menjaga berat badan saat wfh
gemaulani

Pada masa pandemi, aktivitas kerja di rumah atau Work From Home (WFH) menjadi rutinitas baru yang dilakukan oleh semua orang. Harus diakui, kamu akan lebih sering menghabiskan waktu dengan duduk atau rebahan tanpa menggerakan badan. Hal tersebut dapat mengakibatkan berat badan naik. 

World Health Organization (WHO) merekomendasikan untuk setidaknya berolahraga ringan hingga sedang. Dalam satu minggu, kamu bisa berolahraga sekitar 75 – 150 menit di rumah. Selain itu, kamu bisa melakukan tujuh tips menjaga berat badan saat WFH agar badan tetap bugar dan sehat.

1. Ikuti kelas olahraga dari media sosial

Melalui berbagai kanal media sosial, kamu bisa mengikuti kelas kebugaran secara virtual lewat teknologi video conference. Artinya, bagi kamu yang sebelumnya sudah rutin mengikuti kelas kebugaran atau mungkin yang belum pernah sama sekali, kamu bisa memanfaatkan kesempatan ini secara rutin.

Berbagai kelas kebugaran sudah banyak kita temui dari internet. Kamu bisa mencoba kelas yoga, crossfit, freeletic, calisthenic, Zumba, dan sebagainya. Kamu bisa mengajak teman untuk berolahraga bersama agar lebih semangat meski secara virtual saja.

2. Perbanyak minum air

Mungkin terasa sepele, tapi penelitian membuktikan bahwa minum 8 gelas air setiap hari dapat menjadi tips menjaga berat badan. Pola konsumsi air putih juga menjadi perhatian utama bagi kamu yang sedang menjalankan diet untuk menurunkan berat badan.

Beberapa hasil penelitian menyebutkan, air membuat tubuh kita lebih efektif dalam membakar kalori. Minum segelas air sebelum makan membuat kamu lebih cepat kenyang sehingga bisa menekan jumlah makanan yang masuk ke tubuh.

3. Sempatkan rutinitas kecil di waktu luang

Lakukan beberapa aktivitas ringan seperti membereskan pakaian, menyapu rumah, atau melakukan dekorasi kamar. Hal ini bisa menjadi salah satu kegiatan yang menyenangkan agar kamu nyaman untuk bekerja. Jika rutin dilakukan, tubuhmu juga bisa tetap sehat dan bugar.

Selain baik untuk kebugaran tubuh, melakukan aktivitas lainnya juga baik untuk kesehatan mental agar dapat tetap fokus pada pekerjaan. Kamu juga bisa mendapat inspirasi dari aktivitas ringan lainnya yang memberikan efek positif pada pekerjaan. Lakukan beberapa aktivitas selingan seperti mengobrol dengan orang tua atau membaca majalah. 

4. Berjalan kaki di sekitar rumah

Tips menjaga berat badan saat WFH selanjutnya adalah berjalan-jalan di sekitar rumah. Saat seharian bekerja di rumah, banyak rutinitas dihabiskan sambil duduk. Nah, sebaiknya kamu menggerakkan kaki agar tidak terasa kaku dan pegal.

Kamu bisa berjalan-jalan ke ruangan berbeda, misalnya dari kamar menuju dapur, atau naik tangga sebagai bentuk peregangan kaki. Jika sedang melakukan conference call, lakukan sambil berjalan-jalan di sekitar rumah agar lebih santai. Eits, jangan lupa untuk tetap mengikuti protokol kesehatan dengan menjaga jarak atau physical distancing, ya!

5. Berdiri dan melakukan peregangan

Pasti kamu sudah menyadari kalau duduk berjam-jam di depan laptop dapat berakibat buruk bagi kesehatan mata. Selain itu, tubuh juga akan terasa kaku dan pegal sehingga penting untuk memperhatikan tips menjaga berat badan saat WFH. Selalu sempatkan berdiri sejenak dan melakukan peregangan agar tubuh lebih rileks.

Cobalah untuk melakukan peregangan dengan berolahraga ringan setiap 30 menit. Kamu bisa mencoba beberapa gerakan yang terpusat pada leher, tangan, pinggang, dan kaki. Selain itu, kamu juga bisa mencoba variasi bekerja sambil berdiri. Pastikan agar posisi sejajar dengan kepala agar postur badan tidak membungkuk. 

6. Konsumsi makanan bergizi dan berserat 

Jika sudah di rumah seharian, memang paling susah menghindari camilan yang membuat tubuh melar. Nah, kamu bisa mengikuti tips untuk menjaga berat badan saat WFH dengan menjaga asupan makanan. Konsumsi makanan sehat dan kaya akan serat seperti buah-buahan dan sayur-sayuran, serta daging yang tinggi protein.ย 

Kalau ingin bekerja sambil ngemil, cobalah mengganti camilan dengan kacang-kacangan. Beberapa jenis kacang seperti kacang kacang almond, pistachio, dan kacang mete mengandung lemak baik dan antioksidan yang baik bagi tubuh. Selain itu, hindari minuman manis dan bersoda serta cemilan yang mengandung banyak gula dan garam, ya.

7. Bersantai dengan meditasi dan yoga

Sambil menikmati waktu istirahat, lakukan beberapa gerakan meditasi dan yoga demi menjaga tubuh tetap bugar. Sempatkan waktu sekitar 30 – 60 menit di pagi atau sore hari untuk melakukan aktivitas ini.

Jika dilakukan secara rutin, kamu akan merasakan efek positif seperti sirkulasi darah yang lancar dan pernapasan lebih baik. Dengan pernapasan yang baik, kamu juga bisa meningkatan efektivitas berolahraga. Selain itu, meditasi dan yoga juga bisa menunda penuaan dini dan menenangkan pikiran agar menjadi lebih fokus selama bekerja.

Selain menjaga berat badan saat WFH untuk tubuh yang ideal, tak kalah penting untuk menjaga penampilan. Kamu bisa merawat kesehatan rambut selama WFH dengan menggunakan produk sampo berbahan ketoconazole yang terbukti mengatasi ketombe dan mengurangi kerontokan rambut. Yuk, lakukan tips menjaga berat badan saat WFH agar tetap sehat dan bugar!


Keranjangmu masih kosong

Yuk diisi dengan produk-produk andalan kamu!