Rambut rontok?ย Klik disiniย untuk konsultasi gratis. Special discount 15% untuk pembelian 3 bulan!

5 Penyebab Rambut Rontok pada Pria di Usia Muda

penyebab rambut rontok pada pria muda
medicalnewstoday. com

Mungkin kamu sering kali beranggapan bahwa kerontokan dan kebotakan terjadi pada usia senja. Namun, kenyataannya tidak selalu begitu karena masalah rambut rontok juga bisa terjadi karena beberapa umum di usia muda. 

Pria yang berusia muda juga dapat mengalami kerontokan rambut yang berakibat pada kebotakan. Salah satu penyebabnya merupakan faktor genetik. Saat ada anggota keluarga yang mengalami kebotakan, kamu juga berisiko mengalaminya.

Meski begitu, tidak semua rambut rontok disebabkan oleh faktor yang sama. Kondisi rambut pria bisa juga dilihat dari gaya hidupnya. Berikut ini beberapa penyebab rambut rontok pada pria di usia muda.

1. Pola Makan

Siklus pertumbuhan rambut terdiri dari empat fase yaitu fase pertumbuhan (anagen), transisi (catagen), istirahat (telogen), dan penumbuhan (eksogen). Jika terjadi gangguan pada salah satu siklus ini, rambutmu akan mengalami kerontokan.

Penyebab dari salah satu gangguan rambut adalah konsumsi makanan yang tidak sehat. Jika hal ini terjadi, tubuh tidak mendapatkan cukup protein, vitamin, dan mineral yang berfungsi untuk mempercepat pertumbuhan rambut.

Bukan rahasia lagi bahwa makanan instan dan cepat saji sangatlah menggoda dan ramah di kantong. Namun, konsumsi dalam jumlah yang berlebihan tidak baik untuk kesehatan, termasuk kesehatan rambut.

Oleh karena itu, kurangi konsumsi junk food atau makanan tidak sehat lainnya. Kamu perlu memperbanyak konsumsi sayuran, buah-buahan, dan protein tanpa lemak seperti kacang-kacangan.

2. Polusi Udara

Bagi yang tinggal dan beraktivitas di perkotaan, kamu tentu sangat rentan dengan ancaman polusi. Tidak hanya mengakibatkan masalah pernapasan, tetapi polusi mengakibatkan rambut rusak, kusam, dan mudah rapuh.

Ketika sel-sel pada kulit kepala terpapar polusi udara, pembakaran bahan bakar fosil akan menyebabkan protein dalam sel rambut berkurang. Protein tersebut bertanggung jawab untuk pertumbuhan rambut sehingga dapat menyebabkan retensi rambut berkurang secara signifikan.

Jika kamu banyak melakukan aktivitas di luar ruangan, sangat disarankan untuk menggunakan topi. Hal ini merupakan cara termudah untuk mengurangi penyebab rambut rontok pada pria di usia muda.

Oleh karena itu, cara terbaik untuk mencegah kerontokan rambut yang disebabkan oleh merokok adalah dengan berhenti merokok. Ketika kamu berhenti merokok, rambut yang terkena racun akan kembali tumbuh sehat.

3. Terlalu Sering Mengganti Sampo

Memilih sampo yang sesuai jenis rambut memang tidak mudah. Tak heran jika kamu mencoba begitu banyak sampo di pasaran untuk menemukan produk perawatan rambut pria yang sesuai.

Namun, kebiasaan berganti-ganti sampo juga dapat mengakibatkan rambut rontok. Berbagai bahan kimia yang terkandung dalam sampo akan terserap dalam kulit kepala dan bisa mengakibatkan iritasi. Gejala iritasi yang sering terjadi adalah gatal, kemerahan, ketombe dan kulit mengelupas (dermatitis seboroik). 

Oleh karena itu, pria tidak disarankan untuk terlalu sering mengganti sampo. Perhatikan bahan-bahan yang ada dalam sampo sesuai dengan karakter rambutmu. Kandungan bahan sampo pria yang baik di antaranya Saw Palmetto, Niacin, dan Rosemary Oil.

4. Merokok

Semua orang tentu tahu bahwa merokok memiliki dampak buruk bagi kesehatan. Merokok dapat menyebabkan gangguan kesehatan seperti  badan yang mudah lemas dan lelah, kulit kusam, gigi menguning, dan juga kerusakan rambut.

Untuk dapat menghasilkan rambut yang sehat, folikel rambut membutuhkan oksigen, nutrisi, dan mineral. Namun, bahan kimia beracun dalam nikotin dan asap rokok dapat merusak nutrisi yang masuk ke dalam rambut. Hal inilah yang mengakibatkan pertumbuhan rambut terganggu.

Merokok dapat merusak sistem kekebalan tubuh, yang mengakibatkan penyakit yang berdampak pada kerontokan rambut. Sistem kekebalan tubuh yang buruk juga dapat meningkatkan potensi infeksi bakteri atau jamur pada kulit kepala. Kedua hal tersebut dapat menghambat folikel rambut untuk menghasilkan rambut yang sehat.

5. Mengalami Stress Berlebih

Stress dapat mengganggu proses pertumbuhan rambut, loh. Generasi muda saat ini mengatakan bahwa faktor stress berasal dari banyak hal seperti rutinitas, kegiatan kuliah, bekerja, masalah keluarga, atau mungkin hubungan dengan pasangan.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh American Psychological Association (APA), tingkat stress yang dimiliki oleh generasi muda lebih tinggi dibandingkan dengan usia lanjut. Generasi muda juga sering kali kesulitan dalam mengatasi masalah.

Namun, penyebab rambut rontok pada pria di usia muda karena stress tidak akan menyebabkan kerontokan permanen. Jika kamu mampu mengendalikan stress, rambut akan kembali tumbuh sehat.

Saat kamu memiliki masalah yang membuatmu lelah dan stress, segeralah beristirahat, makan dan minum yang cukup. Jangan sampai stress mengendalikan pikiran kamu sehingga membuat kesehatanmu terancam.

Penyebab rambut rontok pada pria di usia muda sangat wajar terjadi. Namun, dengan pola hidup yang sehat seperti olahraga, konsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran, rambut akan tumbuh kuat dan sehat. Jika kamu mengalami masalah rambut rontok, hubungi dermatologis yang bisa membantu mengatasi masalah tersebut.

Keranjangmu masih kosong

Yuk diisi dengan produk-produk andalan kamu!