Special discount 15% untuk pembelian produk 3 bulan!

5 Makanan Sehat Ini Bisa Membantu Kamu Berhenti Merokok

makanan sehat pengganti rokok
IDN Times

Berhenti merokok mungkin bukanlah hal yang mudah. Nikotin yang menjadi salah satu bahan utama rokok adalah zat adiktif sehingga banyak orang terus-terusan dikonsumsi. Sebanyak 80 – 90% orang yang merokok bisa saja mengalami kecanduan berlebih dan tidak bisa berhenti.ย 

Para perokok aktif akan setuju bahwa salah satu hal tersulit untuk berhenti merokok adalah tangan dan mulut terasa hampa. Oleh karena itu, kamu bisa mengganti rokok dengan makanan dan minuman yang baik untuk dikonsumsi sebagai alternatif.

Tidak jarang para perokok aktif yang sudah berhenti merokok justru mengalami kenaikan berat badan. Oleh karena itu, perhatikanlah asupan dan pola makan saat mulai berhenti merokok. Nah, berikut ini rekomendasi 5 makanan sehat pengganti rokok yang bisa dipilih.

1. Buah-buahan

Pilihan makanan sehat paling sederhana dan mudah didapatkan adalah buah-buahan. Buah-buahan memiliki banyak kandungan yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Kamu bisa memilih buah yang mengandung vitamin c, serat, dan antioksidan agar membuatmu merasa kenyang sehingga terhindar dari pikiran dan keinginan untuk merokok.

Buah-buahan yang mengandung antioksidan membantu membersihkan paru-paru dan sistem saraf tubuh yang rusak akibat nikotin dan tembakau yang berlebih. Selain itu, kandungan gula alami dari buah-buahan sangat bagus untuk mengganti makanan dengan kadar gula yang tinggi. Oleh karena itu, konsumsilah buah-buahan sehat seperti, manga, stroberi, anggur, jeruk, apel dan kiwi sebagai pengganti rokok.

2. Sayuran

Menurut penelitian yang dilakukan oleh University at Buffalo School of Public Health, konsumsi sayur-sayuran akan membantu perokok aktif untuk berhenti merokok. Penelitian ini dilakukan kepada 1.000 perokok aktif yang berumur 25 tahun atau lebih dan disebarkan di Amerika Serikat. 

Penelitian tersebut memperlihatkan bahwa orang-orang yang mengonsumsi sayuran sebanyak tiga kali lebih banyak bisa memiliki kemungkinan bebas nikotin dan tembakau. Dalam periode waktu 30 hari, kemungkinan tersebut dapat meningkat dibandingkan dengan yang tidak mengonsumsi makanan sehat seperti buah dan sayur-sayuran.

Temuan ini bertahan bahkan ketika penyesuaian ini dilakukan pada semua usia, jenis kelamin, ras atau etnis, latar belakang pendidikan, status ekonomi dan orientasi kesehatan.

3. Kacang

Kacang adalah camilan yang terbaik untuk mengalihkan perhatian dan keinginan untuk kembali merokok. Bentuknya yang kecil mudah dibawa ke mana-mana dan lebih praktis dimakan. Namun, berbeda dengan camilan, kacang adalah makanan sehat yang tidak membuat gemuk.

Kandungan protein, energi dan nutrisi menjadikannya pilihan yang tepat bagi kamu yang sedang mencari pengganti rokok. Banyaknya pilihan kacang tidak akan membuat kamu bosan, kamu bisa memilih kacang kenari, kacang almond, kacang mete, atau pistachio.

4. Permen karet

Bagi kamu yang pernah mencoba berhenti merokok pasti sudah tidak asing lagi dengan โ€˜terapi permen karetโ€™. Terapi ini disebut sebagai cara jitu untuk menghilangkan rasa nikotin dan tembakau dalam mulut. Hal yang dilakukan cukup mudah ketika ingin merokok maka hal yang harus dilakukan adalah mengunyah permen karet.

Permen karet dapat membantu mulut agar tetap sibuk sehingga kamu akan teralihkan dengan pikiran dan keinginan untuk merokok. Namun, seperti yang kita ketahui mengonsumsi permen berlebih juga akan merusak gigi, gusi dan juga akan menimbulkan kemungkinan sakit diabetes. 

Oleh karena itu, kamu bisa beralih mengonsumsi nicotine gum atau nicotine patch untuk mengurangi ketergantungan terhadap rokok. Konsumsi nicotine gum atau nicotine patch juga sudah terbukti aman dari US Food & Drugs Administration.

5. Air mineral dan lemon

Tubuh manusia menghasilkan dan mengeluarkan 60% air setiap harinya. Oleh karena itu, manusia butuh mengonsumsi air mineral. Lembaga dan para ahli kesehatan mengatakan bahwa manusia setidaknya butuh air mineral sebanyak delapan gelas atau sama dengan sekitar 2 liter air. Air bermanfaat untuk mengeluarkan racun dari tubuh termasuk nikotin.

Air mineral adalah minuman terbaik untuk menghindari dehidrasi, tapi beberapa orang mungkin bosan karena terbiasa mengonsumsi sesuatu yang berperisa. Nah, kamu bisa menambahkan buah lemon ke dalam air baik dalam keadaan panas atau dingin lalu potong atau parut lemon dan masukan ke dalam air mineral. 

Itulah lima makanan sehat pengganti rokok yang bisa dikonsumsi secara teratur sebagai alternatif. Selain mengonsumsi makanan-makanan tersebut, kamu juga bisa membiasakan gaya hidup sehat dengan olahraga yang cukup setiap hari. Efek berhenti merokok juga akan memiliki manfaat jangka panjang untuk kamu.

Keranjangmu masih kosong

Yuk diisi dengan produk-produk andalan kamu!