Rambut rontok?ย Klik disiniย untuk konsultasi gratis. Special discount 15% untuk pembelian 3 bulan!

5 Makanan Penyebab Rambut Rontok yang Sering Diabaikan Pria

makanan penyebab rambut rontok pria
brilio. net

Merawat rambut sehat dan bebas rontok memang tidak mudah. Berbagai perawatan harus dilakukan untuk menjaga rambut. Namun, melakukan perawatan rambut pria bisa dimulai dengan memperbaiki pola makanan yang dikonsumsi.

Jika kamu sudah menggunakan produk rambut yang berkualitas, tapi rambut masih rontok, mungkin pola makananmu perlu diperbaiki. Makanan berkontribusi besar bagi kesehatan tubuh. Kandungan protein, vitamin, lemak, dan mineralnya juga bermanfaat bagi kesehatan rambut.

Secara tidak sadar mungkin pria akan lebih banyak mengonsumsi makanan yang bisa berkontribusi pada kerusakan rambut. Oleh karena itu, berhati-hatilah dalam memilih dan hindari makanan penyebab rambut rontok berikut ini.

1. Makanan Cepat Saji atau Junk Food

junk food penyebab kebotakan
mdlinx. com

Siapa yang tidak suka dengan makanan cepat saji? Dengan harga yang cukup terjangkau, restoran cepat saji ada di mana-mana sehingga menjadi comfort food bagi banyak orang. Namun, bukan rahasia lagi bahwa makanan ini tidak baik bagi untuk dikonsumsi karena mengancam kesehatan badan termasuk rambut.

Makanan cepat saji biasanya memiliki kandungan minyak berlebih. Hal ini dapat merangsang kelenjar minyak dalam tubuh sehingga membuat kulit lebih berminyak, termasuk kulit kepala. Kulit kepala yang berminyak akan menyumbat pori-pori yang mengakibatkan rambut tidak tumbuh sehingga rambut akan menipis dan rontok.

2. Alkohol

alkohol penyebab kebotakan rambut
nusabali. com

Saat kamu mengonsumsi alkohol, mungkin kamu merasa kenyang. Namun, sebetulnya apa yang kamu konsumsi adalah kalori kosong tanpa nutrisi. Ini berlaku pada minuman beralkohol seperti bir dan minuman keras sejenis.

Minuman beralkohol juga dapat mengakibatkan kekurangan gizi. Malnutrisi dapat menyebabkan efek samping yang menakutkan, termasuk kerusakan otak karena kekurangan vitamin, dan kerontokan rambut.

Jumlah vitamin, mineral, protein, lemak, dan karbohidrat yang tepat sangat penting untuk tubuh. Oleh karena itu, biasakanlah hidup sehat untuk mendukung kulit kepala dan kepala rambut yang sehat. Rambut yang indah juga harus ditunjang dengan gaya hidup sehat, salah satunya dengan tidak meminum alkohol.

3. Minuman Bersoda

minuman bersoda penyebab kerontokan rambut
thegoodshoppingguide. com

Soda adalah minuman pelengkap favorit pria, bahkan saat sekedar nongkrong. Minuman ini juga sering dipilih sebagai kombinasi terbaik untuk mengkonsumsi makanan seperti makanan cepat saji, pizza, hot dog, dan burger. Namun, tahukah kamu bahwa minuman ini tidak baik bagi kesehatan kulit kepala dan rambut?

Minuman bersoda mengandung pemanis buatan yang sangat banyak, khususnya aspartame yang mengakibatkan kerontokan rambut. Tidak hanya itu aspartame dapat menyebabkan radang sendi, kembung, depresi dan impotensi.

Bukan berarti dilarang, tapi sebaiknya kamu mulai mengurangi konsumsi makanan-makanan penyebab rambut rontok. Kamu bisa memulai konsumsi minuman lain yang lebih sehat, seperti teh, jus buah atau sayur, air kelapa, atau almond milk.

4. Produk Olahan Susu (Dairy product)

susu menyebabkan rambut rontok
healthline. com

Susu dapat menghancurkan folikel rambut karena sifatnya yang sangat asam. Tak hanya itu, susu juga memiliki potensi untuk menyebabkan reaksi alergi. Dampaknya, aliran darah bisa menyempit dan menyebabkan rambut rontok hingga menipis.

Produk olahan susu sebenarnya tidak berbahaya, tetapi proses pasteurisasi yang dilaluinya berbahaya. Proses pasteurisasi ini dapat menghancurkan enzim yang mampu mencerna susu di dalam tubuh. Sayangnya, susu pasteurisasi yang dicerna oleh bakteri bisa menjadi faktor penyebab kerontokan rambut.

Oleh karena itu, kamu bisa mulai mengurangi konsumsi produk susu seperti, keju, es krim, yoghurt dan mentega. Kamu juga bisa mencari alternatif dari produk susu pasteurisasi seperti susu almond.

5. Mi Instan

mie instan penyebab rambut rontok pada pria
id.wikipedia.com

Mi instan adalah makanan favorit semua orang, baik yang muda dan tua, terutama para perantau. Menu instan yang murah dan mudah dimasak ini memang menawarkan cita rasa yang gurih dan disukai banyak orang.

Meski begitu, konsumsi mi instan secara berlebih akan berakibat pada kesehatan. Efek samping dari mi instan di antaranya adalah obesitas, tekanan darah tinggi, kadar gula darah naik, dan juga kerontokan.

Bagi pria yang merantau, mungkin mengurangi konsumsi mi instan pastinya sulit. Oleh karena itu, pilih alternatif dengan menambahkan nutrisi pada mi instan. Tambahkan sayur-sayuran, seperti bok choy atau kailan.

Sebisa mungkin, sangat disarankan untuk tidak mengkonsumsi mi instan setiap hari. Selangi dengan makan-makan sehat dan gizi seimbang seperti nasi, daging, ikan, oatmeal, atau roti. Jangan ketagihan makan mi instan ketika lapar, ya.

Makanan penyebab rambut rontok perlu dikurangi konsumsinya agar rambut tetap sehat. Tambahan konsumsi vitamin B seperti Biotin juga disarankan untuk memperbaiki nutrisi rambut pria. Jadi, perbaiki pola makanmu dan konsumsi vitamin dengan takaran yang sesuai dari dermatologis, ya! 

Keranjangmu masih kosong

Yuk diisi dengan produk-produk andalan kamu!