Special discount 15% untuk pembelian produk 3 bulan!

5 Cara Mengepang Rambut Pria

cara kepang rambut pria
seruni

Bosan pasti rasanya kalau pakai style rambut yang begitu-gitu saja. Terlebih pria berambut panjang, yang seringnya hanya menggerai atau mengikat rambut dengan asal. Kamu pasti butuh fresh look dari pilihan gaya rambut yang sekarang. Nah, tips yang paling mudah untuk mengatasi rasa bosan akan gaya rambut saat ini adalah dengan belajar cara mengepang rambut. Apa saja yang perlu kamu siapkan dan bagaimana caranya?

Beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan

Kepangan tidak bisa diterapkan ke semua panjang rambut. Setidaknya, rambut harus memiliki panjang minimal tiga sampai empat inci agar bisa dikepang. Bakal lebih bagus lagi kalau rambut sudah memiliki panjang tujuh sampai delapan inci agar kepangan yang dibuat bisa semakin banyak. Selain itu, semakin panjang rambut, maka akan semakin kuat kepangan itu bertahan.

Lalu, pikirkan pula jenis rambut seperti apa yang kamu miliki. Apakah itu bergelombang, keriting, tebal, atau tipis dan lurus? Meski sebenarnya kepangan bisa diaplikasikan ke seluruh jenis rambut pria, kepangan akan lebih mudah dibuat pada rambut yang secara alami bergelombang atau keriting. Rambut lurus sebenarnya gampang untuk dikepang, tapi pastikan kondisinya tidak licin karena bakal membuat kepangan gampang terlepas.

Hal yang kamu butuhkan untuk mengepang rambut

Sebelum belajar cara mengepang rambut, ada baiknya kamu siapkan segala peralatan yang pasti akan dibutuhkan. Jangan sampai di tengah proses mengepang ada peralatan yang belum siap dan kamu kebingungan mencarinya. Beberapa peralatan yang pasti kamu butuhkan adalah sisir berkualitas baik, ikat rambut kecil, dan minyak rambut. Kamu juga pasti butuh cermin untuk melihat hasil dari kepangan. Kalau semua peralatan ini sudah siap, kamu bisa lanjut ke proses berikutnya.

Cara mengepang rambut

Kalau semuanya sudah siap, mari mulai cara mengepang rambut.

  1. Kalau rambutmu termasuk tipe yang mudah diatur, kamu bisa langsung ke proses pengepangan. Tapi kalau rambutmu kusut atau susah diatur, maka gunakan dulu spray bottle dan sisir untuk mengurai setiap helainya.
  2. Kemudian, tentukan area rambut yang ingin dikepang. Ambil bagian rambut di area tersebut dan bagi menjadi tiga bagian. Kamu bisa melakukannya dengan bantuan sisir atau langsung pakai jari tangan.
  3. Ambil bagian paling kiri rambut yang sudah dibagi tiga tadi, lalu silangkan ke bagian tengah. Ambil bagian paling kanan dan silangkan ke bagian tengah. Lanjutkan sampai bagian ujung rambut habis.
  4. Setelah selesai membuat kepangan sampai ke bagian ujung rambut, rapikan dan kuatkan dengan ikat rambut. Cara mengikatnya sama dengan mengikat untuk kuncir kuda.
  5. Kalau kamu berencana membuat beberapa kepangan, maka ulangi lagi langkah-langkah ini dari awal untuk bagian rambut yang lain.

Tips saat mengepang rambut

Membuat kepangan pada rambut pria tentu saja sebuah gaya yang trendi dan berbeda dari lainnya. Akan tetapi, kepangan yang terlalu kuat dapat menyebabkan kerusakan akar rambut. Bukan tidak mungkin rambutmu bakal rontok karena kepangan yang terlalu kuat dan menarik akar rambut dari kulit kepala. Apalagi kalau kamu berencana untuk mempertahankan kepangan ini dalam waktu yang lama. Pastikan kepangan tetap nyaman dan tidak merusak kesehatan rambut.

Belajar cara mengepang rambut memang jadi aktivitas yang exciting. Kamu akan penasaran dengan penampilanmu setelah rambutmu dibuat kepangan. Namun, untuk membuat rambut tetap kuat, kamu butuh treatment efektif untuk melawan kerontokan pada pria. Coba produk Finasteride dari Newman’s yang diformulasikan khusus untuk membantu melawan kerontokan. Kombinasikan pula dengan Daily Shampoo untuk pertumbuhan rambut yang kuat dan sehat.

Keranjangmu masih kosong

Yuk diisi dengan produk-produk andalan kamu!